Selama Ramadan Sekretaris GP Ansor Mamuju Keliling Berceramah

0
597
Foto Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Mamuju, Ashari Rauf

MATENG,MATALENSA.ID— – Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar), Ashari Rauf, manfaatkan bulan Ramadan untuk berceramah keliling.

Pada malam kedua dan ketiga Ramadan 1439 Hijriah ini, Ashari berceramah di dua masjid di Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah (Mateng), yakni Masjid Nurul Iman Desa Lara dan Masjid Jabal Nur Desa Suka Maju.

Advertisement

“Ramadan tahun ini,saya manfaatkan untuk kembali berceramah keliling seperti yang saya lakukan tahun-tahun sebelumnya,” ucap Ashari kepada wartawan, Sabtu (19/5/18)

Ashari pun mengatakan, di awal Ramadan ini, tema-tema keutamaan bulan Ramadan dan kewajiban berpuasa menjadi topik utama dalam mengajak umat muslim meningkatkan ibadah dan amaliah Ramadan lainnya.

“Di awal-awal Ramadan saya lebih banyak mengulas keutamaan Ramadan, mulai tentang berlipat gandanya ibadah, bulan diturunkannya Al Qur’an, perintah kewajiban berpuasa dan bagaimana menjadikan ramadhan ini sebagai momentum mendapat barokah dan pengampunan dari segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan,” jelasnya.

Mantan aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Mamuju ini juga mengaku, tak lupa mengajak jamaah agar senantiasa memelihara hubungan baik kepada sesama manusia, khususnya umat islam.

Apalagi, tambah dia, situasi dan kondisi bangsa akhir-akhir ini sedang mendapat ujian dan gejolak di berbagai daerah, seperti aksinkekerasan dan terorisme di berbagai daerah di Indonesia, seperti Surabaya dan Riau.

“Materi ceramah atau dakwah tentang ajakan kepada umat muslim senantiasa menjaga ukhuwah Islamiah, ukhuwah insaniah dan ukhuwah wathoniah selalu menjadi materi di akhir dakwah saya. Ini penting agar umat muslim senantiasa menjaga keamanan, ketertiban dan dapat beribadah sebaik mungkin selama bulan Ramadhan,” sebut Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulbar ini.

Dia pun berharap, agar bulan puasa ini dapat dijalankan penuh khidmat. Termasuk, di dalam momentum ini umat muslim dapat lebih merangsang kepekaan sosial untuk berbagi kepada sesama.

“Semoga di akhir Ramadan nanti kita keluar sebagai pemenang. Pemenang karena mampu melawan hawa nafsu, pemenang karena tujuan puasa mendidik kita lebih bertaqwa, dan pemenang karena kita bisa berbagi kepada sesama,” tuturnya.

Sekadar diketahui, selain di Mateng, Ashari Rauf juga akan berceramah keliling di sejumlah masjid di pelosok Desa di Kabupaten Mamuju.

“Saya memang suka ceramah di Masjid-masjid di pelosok Desa. Insya Allah berkah bagi kita semua di bulan ramadan ini,” pungkasnya. (R).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here