Terkait Dengan Kesetaraan Gender,Bupati Sebut Masih Terpengaruh Oleh Kultur

Populer

- Advertisement -

MAMUJU,MATALENSAID-Menanggapi isu tentang Kesejahteraan Gender, Pemerintah Kabupaten Mamuju terus melakukan kegiatan terkait hal tersebut.

Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamuju Rabu (04/Oktober/2017) menggelar acara Fasilitasi Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender(PUG).

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid mengatakan Pemerintah Kabupaten Mamuju sementara dalam proses follow up mengenai masalah kesetaraan gender, menurutnya di Daerah yang ia pimpin ini belum bisa melaksanakan sepenuhnya karena persolan kultur masih sangat berpengaruh.

“Kultur ini sangat mempengaruhi,seperti misalnya masih ada anggapan-anggapan kaum wanita ini mengurus rumah tangga saja.Sehingga lupa sesungguhnya ada peran yang dilakukan oleh perempuan itu merasa termarginalkan oleh karena persoalan terlalu kentalnya masalah kultur”terang Habsi Wahid

Lebih lanjut, Habsi Wahid mengungkapkan bahwa dalam pengertian kesetaraan gender,di Mamuju sudah mulai ada kesetaraan itu,hal ini terlihat dengan adanya keterwakilan perempuan yang menjadi Kepala atau Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),meskipun sudah terwakili,ia mengakui secara presentase tidak akan bisa berimbang.

“Tetapi yang mau kita perbaiki adalah dalam proses pembangunan ini semua ada peran didalam, ada peran wanita juga didalam”ujar Habsi Wahid

Sementara itu,Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,M.Ali Rachman, terkait acara pengarusutamaan gender menyampaikan kegiatan tersebut merupakan langkah awal Pemerintah dalam terselenggaranya kelembagaan PUG melalui fasilitasi pembentukan kelompok kerja.

“Dalam perencanaan PUG ini, kita melibatkan bagian perencanaan setiap OPD sehingga perencanaan PUG ini dianggarkan disetiap OPD masing-masing” sebut Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ia juga berharap, kedepannya Pemerintah Kabupaten Mamuju mampu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya yang merupakan penghargaan bagi para pimpinan Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang berkomitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender.
(HMS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru