Akhirnya Pemkab Mamuju Kembali Raih Opini WTP

Populer

MAMUJU,MATALENSA,ID–Meski sempat turun peringkat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di tahun 2016 lalu,dari opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)selama 4 tahun berturut-turt menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP),kini berubah Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju sukses meraih kembali predikat tertinggi WTP tersebut pada hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar) atas LKPD Kabupaten Mamuju tahun anggaran 2017.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK tersebut berlangsung di gedung auditorium BPK-RI perwakilan Sulbar pada Jumat,(6/07/2018).

Bupati Mamuju,H.Habsi Wahid,dalam sambuatanya mengungkapkan upaya,Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam meraih kembali predikat tertinggi dari BPK tersebut, dimana kami melakukan evaluasi pembenahan,membangun kapasitas dan karakter aparatur melalui berbagai pendekatan penyadaran dan perbaikan system serta semakin intensif untuk melakukan komunikasi dan meminta petunjuk,bimbingan dan pembinaan kepada pihak BPK-RI maupun BPKP terkait pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Habsi Wahid mengucap syukur,sabab apa yang telah diupayakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju untuk memperbaiki laporan keuangannya dapat membuahkan hasil yang positif.

“Terimakasih kepada pihak BPK RI perwakilan Sulawesi Barat yang selama ini telah memberikan ruang untuk melakukan konsultasi,memberikan arahan dan petunjuk sehingga jajaran Pemerintah Kabupaten Mamuju dapat melakukan perbaikan dan pembenahan pengelolaan keuangan dan menyajikan laporan keuangan sesuai standar akuntansi dan telah mendapatkan penilaian pada hari ini dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian.” Urai Habsi Wahid.

Meski masih diketahui ada beberapa rekomendasi dari hasil pemeriksaan LKPD Kab. Mamuju oleh tim audit BPK, Bupati menyatakan akan segera menindaklanjuti seluruh rekomendasi tersebut dan menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan serta melakukan pembenahan dan perbaikan atas kekurangan yang ada.

Sementara itu,Kepala BPK RI Perwakilan Sulbar, Eydu Oktain Panjaitan menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan kali ini terdapat beberapa hal yang membanggakan dan adanya peningkatan.

“Dari hasil yang kami lihat,harus diakui bahwa kerja keras bapak ibu sekalian sudah berhasil.” Sebutnya.

Ia menambahkan bahwa, meski Pemerintah Kab. Mamuju meraih peringkat tertinggi opini WTP, ia mengingatkan agar tetap mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sebab dengan mengemban opini WTP tersebut tentu beban bupati semakin berat untuk memberi pelayanan kepada masyarakat sesuai amanah Undang-Undang No. 15 tahun 2004. (Hms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru