Launching ASEK di Puskesmas Tapalang

0
34

MAMUJU,MATALENSA.ID--Bupati Mamuju, Hj. Siti Sutinah Suhardi melaunching program Angatangku Sehat Keren (ASEK), di Puskesmas Tapalang, kecamatan Tapalang.

Program yang digagas oleh Kelompok Kerja (Pokja) Kesehatan Pemerintah Kabupaten Mamuju tersebut menggandeng sejumlah lembaga non pemerintahan (NGO) sebagai mitra kerja.

Salah satu kegiatan dalam program ASEK ialah peningkatan edukasi tentang Kesehatan Reproduksi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pola Pengasuhan. Kegiatan tersebut menyasar kelompok rentan diantaranya ibu hamil, ibu menyusui dan remaja perempuan.

Dimana Ibu Maryam, ibu menyusui menjadi salah satu penerima manfaat kegiatan edukasi program ASEK yang berjalan di Kelurahan Dayanginna, Kecamatan Tapalang, Sabtu (10/04/2021).

”Disini Saya mendapat pengetahuan baru, yaitu dalam menjaga kesehatan apalagi untuk anak, tidak bisa main-main, karena resiko ke anak lebih besar dibanding kita orang tua. Apapun yang terbaik harus dilakukan untuk anak.” Sebut Maryam.

Sementara terkait pola pengasuhan, ibu 4 anak ini mengakui bahwa kadang dirinya lalai dalam mengasuh. Saat ini, ia baru menyadari bahwa ternyata pola pengasuhan berpengaruh pada karakter anak.

“Selama ini kan saya asal-asal,mengasuh yang satu,mengabaikan yang lain, akhirnya yang lain merasa tersisih,mudah marah dan lain-lain, akhirnya disini saya ketahui, dan Insya Allah akan saya praktekkan nanti untuk pengasuhan yang lebih baik,”sambungnya.

Lebih lanjut, terkait PHBS, Maryam yang masih tinggal di posko pengungsian mengaku agak sulit menerapkan PHBS tersebut. Sebab, menurutnya fasilitas untuk kesehatan di pengungsian dan dirumah berbeda. Namun ia mengatakan tetap akan berusaha menerapkan PHBS.

Maryam berharap, dengan adanya kegiatan peningkatan edukasi kesehatan, dapat lebih menyadarkan lagi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Menurutnya, jika lingkungan bersih, masyarakat sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

“Ini untuk kampung kita, kalau bukan kita sendiri yang bergerak, tidak akan jadi. Dengan adanya kegiatan seperti ini, setidaknya masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu bagaimana bahayanya membuang sampah sembarangan, bagaimana bahayanya jika mengabaikan kesehatan.” Imbuhnya.

Kegiatan peningkatan edukasi kesehatan pada program ASEK tersebut berjalan atas kemitraan Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan Perusahaan Kosmetik The Body Shop melalui Yayasan Karampuang.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Mamuju, H. Tonga, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Mamuju menggandeng 26 NGO sebagai mitra di Pokja Kesehatan.

Selain peningkatan edukasi kesehatan, terdapat sejumlah kegiatan lain dalam program ASEK. Diantaranya kegiatan Peningkatan aktifitas fisik, Peningkatan pangan sehat, Percepatan perbaikan gizi dan pameran buah dan makanan lokal.

“Juga ada distribusi makanan sehat, peningkatan kualitas lingkungan dan pembangunan jamban keluarga, serta peningkatan pencegahan serta deteksi dini penyakit.”Jelasnya (hms/*)