MAMUJU,MATALENSA.ID – Melalui rapat Eksternal antara Polda Sulbar bersama Pemerintah dibidang Pendidikan dan Agama, pihaknya siap melakukan perubahan kultur/budaya demi menjaga dan memelihara harkamtibmas tetap kondusif di Sulawesi Barat.

Rapat harkamtibmas yang dilaksanakan di ruang kerja Wakapolda Sulbar ini dipimpin langsung oleh Wakapolda didamoingi Dir Binmas Kombes Pol Dra. Yoyoh Indayah dan dihadiri oleh perwakilan Kemenag dan Dinas Pendidikan baik dari Provinsi maupun Kabupaten, Rabu (12/6).

Direktur Binmas melalui Kabid Humas AKBP Hj. Mashura, mengatakan menjaga situasi agar tetap kondusif memang membutuhkan tekad dan kerjasama, dan sudah saat dilakukan perubahan budaya yang moderen kabarat-baratan menjadi budaya religi namun tetap moderen yang menjadi ciri khas Indonesia sehingga moral dan metal masyarakat sulbar terjaga serta harkamtibmaspun tetap terkendali.

“Untuk melakukan perubahan tersebut maka dilakukan kerjasama dengan pihak pemerintah khususnya dibidang agama dan pendidikan dengan sasaran utama para pelajar dan mahasiswa.”Jelasnya

Program-proram yang religi yang telah dilakukan selama ini seperti sholat subuh berjamaah dan sebagainya kali ini akan melibatkan para pelajar sehingga mereka juga merasa bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang tetap kondusif.

“Ya kami akan melakukan program kunjungan atau sambang kamtibmas ke sekolah-sekolah maupun universitas dikesempatan tersebut tentu akan diberikan bimbingan dan pencerahan kamtibmas sekaligus menanamkan budaya religi sehingga moral dan etikannya lebih terjaga.”Sambungnnya

Kegiatan ini akan dirutinkan dan dilakukan secara bergiliran, misalkan disekolah umum akan lebih banyak pencerahan agama dan untuk sekolah pesantren mungkin akan lebih pada pencerahan umum misal membahas ketertiban lalu lintas dan sebagainya.

“Dalam rapat ini, alhamdulillah seluruh pihak yang hadir siap memberikan dukungannya demi menjaga harkamtibmas yang tetap kondusif.”Tutupnya (hms/dyf)