MATENG, MATALENSA.ID — Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 H, Yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019

Seperti yang dilakukan masyarakat Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Lebih dari 600 peserta melakukan gema takbir pawai obor pada malam Idul Fitri 1440 H, Selasa (4/6/2019).

Kapolsek Karossa, Iptu Mukhtar Mahdi yang memimpin Gema Takbir Pawai Obor mengatakan takbir keliling ini merupakan salah satu tradisi yang berlangsung lama di Indonesia yang perlu dilestarikan sebagai syiar Islam. Namun ia menyatakan bahwa acara ini juga harus berjalan dengan tertib, mematuhi aturan lalu lintas dan norma yang berlaku di lingkungan tempat takbiran itu dilaksanakan.

“Pemerintah yang sah melalui Menteri Agama telah mengumumkan bahwa Rabu 5 Juni 2019 ditetapkan sebagai 1 Syawal 1440 Hijriyah yang merupakan Hari Raya Idul Fitri. Mari kita bertakbir mengagungkan asma (nama) Allah,” ujar Mukhtar.

Mukhtar kemudian secara simbolis menyalakan obor yang dipegang oleh para peserta. Sekaligus simbol pelepasan pawai takbir obor. Mukhtar juga memimpin peserta bertakbir dan keliling rute yang sudah ditentukan, Ratusan obor yang menyala membuat acara ini terlihat begitu meriah.

Mukhtar juga mengapresiasi giat takbir keliling, Menurutnya Pawai obor lebih tepat karna bernuansa islami dan ala pesantren ketimbang pawai keliling dengan menggunakan kendaraan yang hanya di manfaatkan anak muda.

“Malam ini apa yang dilakukan pemuda karossa tentu satu nilai positif dan semua berjalan aman dan lancar” Lanjut Mukhtar

Mukhtar berharap lebaran menjadi momen bagi semua umat Islam untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga.

“Lebaran menjadi momen untuk lebih dekat kepada Tuhan dengan terus mengagungkan takbir dan tahmid di segara kesempatan yang ada” Sambung Mukhtar

Sebelum melepas pawai obor, Mukhtar juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada Peserta pawai obor.