MAMUJU,MATALENSA.ID– Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dibidang satuan pengamanan yang sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 melalui pelatihan satuan pengamanan di suatu wilayah menjadi suatu kewajiban.

Melalui Pelatihan Satuan Pengamanan tingkat Gada Pratama, Dir Binmas Polda Sulbar Dra.Yoyo Indayah melantik 62 peserta pelatihan yang telah menempuh pendidikan pengamanan selama 18 hari dimulai sejak 10 Desember hingga 28 Desember 2018, dengan total 232 jam Pelajaran.

Dir Binmas Polda Sulbar KombesPol Dra.Yoyo Indayah dalam sambutanya berharap agar materi pelajaran yang didapat oleh peserta dapat diterapkan nanti dilingkungan tempat kerjanya maupun di masyarakat.

“Satuan Pengamanan inu merupakan pelaksana tugas kepolisian secara terbatas yang dilaksakan di lingkungan kerjanya masing-masing, saya berharap usai mengikuti pelatihan ini, dapat menambah wawasan dan menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas di instansi tempat kerjanya,” ungkap Dirbinmas Polda Sulbar di hadapan para peserta Diklatsar

Kombes Pol Yoyo Indayah juga mengingatkan kepada Binsatpam Polda Sulbar untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi bagi seluruh perusahaan penyedia jasa pengamanan serta instansi yang menggunakan jasa pengamanan yang tidak memiliki sertifikasi pengamanan sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007.

“Satuan pengamanan yang tidak memiliki sertifikat atau belum mengikuti pelatihan sebagaimana peraturan Polri bagi saya mereka itu gadungan. Olehnya kepada Binsatpam saya ingatkan untuk melakukan monitoring dan memberikan sanksi kepada instansi yang tidak taat akan peraturan tersebut,” tandas Kombes Pol Yoyo Indayah

Menurut Dir Binmas Polda Sulbar tersebut, penindakan atas instansi pengguna jasa pengamanan maupun penyedia jasa pengamanan telah dilakukan di berbagai daerah, dan Polda Sulawesi Barat akan segera melakukan hal serupa, hingga tingkat pemberian sanksi secara tegas.

Sementara itu Direktur PT. Kinerja Cipta Bersama, Sadly Mahmud.S.Pi selaku mitra Polda Sulbar dalam penyedia pelatihan dan pendidikan satuan pengamanan di Sulawesi Barat mengungkapkan pelatihan yang diselenggarakan mengundang pemateri dari perwira Polda Sulbar dan juga instansi terkait.

“Dalam pelatihan ini, Pemateri berasal dari Jajaran Perwira Polda Sulbar yang di SK kan langsung Dirbinmas, serta instansi terkait seperti Dinas Ketenagakerjaan serta Pemadam Kebakaran, dengan Sistem pembelajaran, 60% Praktek, 30% Teori dan 10% Diskusi Kelompok,” Sebutnya.

Pelatihan satuan pengamanan Gada Pratama digelar oleh PT Kinerja Cipta Bersama (KCB) yang dinaungi langsung oleh Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Sulbar, yang dilaksanakan di Hotel Mahkota Tomakaka Mamuju selama 18 hari, dengan di ikuti oleh Satuan Pengamanan dari instansi Pemda, swasta, dan perseorangan yang berasal dari wilayah Sulbar dan diluar Sulbar.

Pelatihan dan Pendidikan yang dimaksud sebagai upaya bersama, untuk menyamakan persepsi dan interpretasi dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme, kewaspadaan dan keterampilan serta kemapuan satuan pengamana yang mengemban fungsi kepolisian terbatas.

Ditempat yang berbeda Wakil Direktur Pt.Kinerja Cipta Bersama Sudirman, mengungkapkan selamat untuk para pesrta Diklatsar yang telah mengikuti pelatihan selama 18 hari,semoga apa yang didapatkan dalam kegiatan pelatihan ini bisa menambah wawasan.Dan selamat atas 3 peserta yang telah mendapatkan nilai yang terbaik.

“Saya ucapkan selelamat kepada peserta yang telah meraih peridikat nilai terbaik,semoga nilai terbaik tersebut bisa dipertahankan,”Ucap Sudirman

Ia pun menbahkan bahwa adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 62 orang,dari berbagai daerah di Sulbar bahkan adapun dari Sulsel.Kata Sudirman (*dyf)