Sosialisasi Kepada Masyarakaat Kalumpang Tentang Pelayanan Mobile Mesakada

0
321
Poto : Sosialisasi kepada masyarakaat kalumpang tentang Pelayanan Mobile mesakada

Ospek Kehidupan Sosial, Ekonomi, Politik, dan Budaya Telah Dikembangkan Dengan Sistem Jaringan (Internet)

MAMUJU,MATALENSA.ID-Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , tentu semakin mendorong masyarakaat untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara mudah, cepat , dapat dipercaya dan terbukti, baik secara individu maupun kelompok.

Sepertilah yang dilakukan dalam berbagai ospek kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya telah dikembangkan dengan melalui sistem jaringan (internet) baik lingkup swasta maupun lembaga pemerintah akses informasi publik sudah menjamur seluruh indonesia bahkan sampai ke daerah-daerah terpencil yaitu melalui media sosial (Medsos).

Terkait dengan pola kehidupan modern tersebut sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakaat dalam pemenuhan kebutuhannnya termasuk berbagai kepentingan pribadi dan kelompok tertentu untuk itu sangat diperlukan data kependudukan dan pencatatan sipil yang akurat di setiap daerah termasuk wilayah kecematan Kalumpang, antara lain E-KTP,Kartu keluarga, Akta kelahiran,Akta kematian dan akta nikah.

Dan inilah yang mendorong pemerintah kecematan Kalumpang melalui sebuah proyek perubahan (Proper) / Inovasi dalam rangka pelaksanaan Diklatpim Tk.IV Angk.XII tahun 2018 yang kerja sama Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan PKP2A II Lan Makassar dengan mengangkat issu strategis yang merupakan persoalan mendasar di Kecematan Kalumpang, sebagai akibat dari letak geografis yang sangat ekstrim dan sulit dijangkau.

Persoalan itu adalah tidak tertibnya data kependudukan dan pencatatan sipil serta data perisinan bagi usaha kecil dan menengah.

Adapun judul inovasi yang diangkat oleh Reformer an. Freddy Yusak P.Tande, S.Sos adalah Pelayanan Mobile Mesakada” dengan motto ” melayani masyarakaat dengan hati” yaitu sebuah pelayanan yanh langsung ke masyarakaat desa terpencil .

Gagasan ini sangat direspon oleh Camat Kalumpang Bapak ABRAM,S.IP, sekaligus selaku mentor dalam proper ini dimana beliau mengatakan bahwa indikator keberhasilan program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat adalah diawali dari data yang akurat dan tertip administrasi dalam pelaksanaan tentu melalui mekanisme sistematis dan telaj mendapatkan persetujuan dari dinas terkait dan pemerintah desa.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Mamuju Muh. Ihsan.SH, menyatakan sangat memdukung proper ini karena dari 11 (Sebelas) kecematan di wilayah Mamuju, baru kecematan Kalumpang yang pertama kali melakukan pelayanan lamgsung ke masyarakaat desa terpencil.

Menurutnya bahwa pola pelayanan seperti ini sangat membantu dinas Dukcapil untuk menuntaskan data dukcapil guna tertip Administrasi.

Begitupun pernyataan dari Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Jalaluddin Duka, S.Sos.,M.Si, menyatakan bahwa sangat penting untuk menggali potensi masyarakaat sesuai dengan budaya masing-masing daerah yang kemudiaan di data dan dikelolah secara teratur guna menunjang perekonomian masyarakaat.

Dan semoga dengan upaya pelaksanaan pelayanan mobile ” Mesa kada” ini, dapat menuntaskan data kependudukan dan pencatatan sipil wilayah kecematan kalumpang dan data perizinan usaha bagi usaha kecil dan menengah.(Pai)