MAJENE,MATALENSA.ID-Bertempat di Mesjid Raya Raudhatul Abidin Saleppa, Kel Banggae, Kec. Banggae, Kab Majene telah dilaksanakan Sholat Jumat berjama’ah yang dipimpin oleh Imam Mesjid Raya Raudhatul Abidin, KH. Syauqaddin Gani.Majene. Jumat (10/11)

Bertindak sebagai Khatib Dandim 1401/Majene Letkol Inf Rahman yang dihadiri kurang lebih 100 orang diantaranya : Bupati Majene DR. H. Fahmi Massiara SH MH, Wakil Bupati Majene Lukman S.Pd. M. Pd.

Hadir pula Kasdim 1401/Majene, Pasi Persdim 1401/Majene Kapten Inf Syarifuddin, Pasi Logdim 1401/Majene Kapten Muh Kasim, Pasi Terdim 1401/Majene Letda Inf Muh Rusli , Toga, Tomas dan Toda, Personil Kodim 1401/Majene Serta Masyarakat sekitarnya.

Adapun khutbah Sholat jumat yang sampaikan oleh Dandim 1401/Majene bahwa hari Pahlawan 10 November 2017, saat itu ada peristiwa besar dimana diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejarahnya berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945, dimana peperangan besar-besaran antara tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Pertempuran Surabaya merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk melakukan perlawanan.

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada pertempuran 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Pemerintah Republik Indonesia hingga sekarang.

” Oleh karena itu, jangan kita pernah melupakan sejarah dan para pahlawan nasional karena segala perjuangan harus kita hargai dan kita wajib melanjutkan tradisi sampai sekarang ” Tutur Dandim.

Dan yang lebih penting lagi mengisi kemerdekaan dan mengimplementasikan semangat juang mereka dan nilai nilai luhur sifat nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan sehari hari.

(Penrem 142/Tatag)